Buku Ajar Sosiologi Komunikasi
Penulis: Andhita Risko Faristiana, S.Pd., M.A.
ISBN: 978-623-92581-0-8
Desain Cover & Tata Letak:
Tim Editor Numerasia
Dimensi Buku:
21 x 29,7 cm
iv + 145 halaman
Diterbitkan oleh:
Penerbit Numerasia
Taman Surya Kencana, Venus C24, Tulangan Sidoarjo
No. Anggota IKAPI 351/JTI/2022
yayasannumerasi@gmail.com
https://www.numerasia.or.id/
Sosiologi komunikasi mempelajari hubungan timbal balik antara media dengan masyarakat. Sosiologi Komunikasi tidak lepas dari adanya masyarakat. Hal ini yang menjadikan pemahaman mengenai khalayak menjadi suatu keutamaan. Adanya bentuk interaksi sosial didalam masyarakat menjadi penghubung antara masyarakat satu dengan lainnya yang menciptakan keteraturan sosial didalam masyarakat, yang dapat dilakukan baik secara individu maupun kelompok melalui proses timbal balik.
Buku ajar ini membahas sejarah kemunculan Sosiologi Komunikasi, Definisi, Ruang Lingkup, Ranah, Kompleksitas, dan Objek Sosiologi Komunikasi. Materi selanjutnya antara lain: Proses Komunikasi dalam Masyarakat, Sosiologi Media dan Komunikasi Massa, Dampak Komunikasi Massa dan Komunikasi Sosial Media, Media, Mitos, Ritus, dan Kebudayaan, Masyarakat Cyber dalam Sosiologi, Realitas Media dan Konstruksi Sosial Media Massa, Paradigma Keilmuan dan Teori Komunikasi, serta Masa Depan Sosiologi Komunikasi.