Pendidikan STEM
Inovasi Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan STEM
Pendidikan STEM
Inovasi Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan STEM
Pendidikan STEM
Inovasi Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan STEM
Penulis:
Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd.
Dr. Abdul Haris Rosyidi, M. Pd.
Dr. Yurizka Melia Sari, M. Pd.
Yulia Izza El Milla, S. Pd., M.Pd.
Supervisi:
.
ISBN:Â
Dimensi Buku:
15,5 x 23 cm
iii + 70 halaman
Diterbitkan oleh: Penerbit Numerasia
Taman Surya Kencana, Venus C24, Tulangan
Sidoarjo
No Anggota IKAPI 351/JTI/2022
yayasannumerasia@gmail.com
@2025
Hak Cipta dilindungi undang-undang
Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku tanpa izin dari penerbit.
Undang-Undang Nomor 19 tahun 2002 tentang hak cipta.
Bab XII ketentuan pidana pasal 71 ayat (1), (2) dan (6
Buku ini disusun untuk memberikan landasan teoritis sekaligus praktis mengenai pendidikan STEM yang semakin relevan dalam konteks perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad ke-21. Pembahasan meliputi pengertian dan konsep dasar, sejarah perkembangan STEM, prinsip-prinsip yang mendasarinya, hingga urgensi penerapannya di era global. Selain itu, buku ini juga menelaah keterkaitan STEM dengan berbagai disiplin ilmu dan isu-isu global, khususnya Sustainable Development Goals (SDGs).
Salah satu bagian penting dalam buku ini adalah pembahasan mengenai STEM Quartet Model yang menekankan tiga dimensi sensitivitas, yaitu problem centric, solution centric, dan user centric. Bagian akhir buku ini menyajikan rancangan pembelajaran dan penilaian berbasis STEM, lengkap dengan contoh-contoh implementatif yang dapat digunakan oleh pendidik maupun calon pendidik.