BAHASA INDONESIA
PEMBELAJARAN LITERAEKOPRENEUR
(Literasi, Ekologi & Entrepreneurship)
BAHASA INDONESIA
PEMBELAJARAN LITERAEKOPRENEUR
(Literasi, Ekologi & Entrepreneurship)
Penulis :
Mikhael Klemens Kedang
Setya Yuwana
Hendratno
ISBN:
Dimensi Buku:
15,5 x 23 cm
Halaman :
iv + 61
Diterbitkan oleh:
Penerbit Numerasia
Taman Surya Kencana, Venus C24, Tulangan Sidoarjo
No. Anggota IKAPI 351/JTI/2022
yayasannumerasi@gmail.com
https://www.numerasia.or.id/
@2023
Hak Cipta dilindungi undang – undang
Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku tanpa izin dari penerbit.
Undang – undang nomor 19 tahun 2002 tentang hak cipta.
Bab XII ketentuan pidana pasal 71 ayat (1), (2) dan (6)
buku Bahasa Indonesia Pembelajaran literaekopreneur (literasi, ekologi & entrepreneurship) ini diterbitkan sebagai referensi guru dalam pembelajaran. Tujuan buku ini dihadirkan untuk mengembangkan dan meningkatkan pemahaman literasi, ekologi dan entrepreneurship (literaekopreneur) di SD. Hal tersebut berdasarkan Keputusan Kepala BSKAP Kemdikbudristek Nomor 033/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah dalam Kurikulum Merdeka.
Buku ini disesuaikan dengan tujuan Pendidikan Bahasa Indonesia pada fase B yang secara umum untuk mengembangkan keterampilan menyimak, membaca/memirsa, berbicara/mempresentasikan, dan menulis. Kompetensi berbahasa tersebut untuk mengembangkan pengetahuan dan kompetensi siswa secara multidisiplin, yakni literasi, ekologi dan entrepreneurship. Basis buku ini diarahkan dapat membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila bagi siswa.
Bentuk penyajian materi dalam buku ini disesuaikan dengan paradigma pembelajaran yang menitikberatkan pada aktivitas pembelajaran berbasis Projek profil Pelajar Pancasila dengan tema kewirausahaan. Model pembelajaran yang digunakan berasal dari konsep filosofis lokal (model Lamafa) yang diadaptasi ke dalam pembelajaran yang mendukung pembelajaran regular atau intrakurikuler dengan sistem pembelajaran kokurikuler.