Penulis :
Cut Khairunnisak, S.Pd., M.Sc.
Kamaliyah S.Pd., M.Pd.
Taufiq Hidayanto, S.Pd., M.Pd.
Shofan Fiangga, S.Pd., M.Sc.
Irfan Fauzi, M.Pd.
Riviewer : Dr. Hongki Julie dan Prof. Dr. Rahmah Johar
Editor : Melda Hutagalung, S.H., M.H.
Ilustrator : Fibi Desica, M.Kn.
Tata Isi : Martha Metrica, SE
Pracetak : Martha Metrica, SE
ISBN :
978-623-92581-9-1
Dimensi Buku : 14,8 x 21 cm,
vi + 80 halaman
Buku ini merupakan hasil kerjasama dari tim perumus dan penulis dari:
Yayasan Pembina Matematika (YPMIPA)
Diterbitkan oleh:
Penerbit Numerasia
Perum Taman Surya Kencana, Venus C 24, Grogol Tulangan Sidoarjo
e-mail: yayasannumerasia@gmail.com
https://www.numerasia.or.id/
No. Anggota IKAPI 351/JTI/2022
Buku ini berisi tentang metode pembelajaran matematika yang menekankan pada 6 (enam) karakteristik PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia), yaitu1. Activity principle (prinsip aktivitas), dimana siswa diperlakukan sebagai peserta aktif dalam proses pembelajaran. 2. Reality principle (prinsip realitas), di mana pembelajaran seharusnya diawali dengan situasi yang bermakna bagi siswa. 3. Level principle (prinsip tingkatan), di mana siswa mempelajari matematika melalu berbagai level pemahaman. Dimulai dari situational level, model-of level, model-for level, dan formal level. 4. Intertwinement principle (prinsip keterkaitan), di mana topik-topik pembelajaran saling berkaitan, baik antar topik dalam matematika maupun dengan topik pada pelajaran lainnya. 5. Interactivity principle (prinsip interaktifitas), yang memandang matematika sebagai aktivitas social, bukan hanya aktivitas individu. 6. Guidance principle (prinsip pembimbingan), guru membimbing siswa melalui penyusunan scenario pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk mencapai tingkat pemahaman yang diharapkan. Lewat slogan kami “Math is a bridge to a better life”, kami yakin bahwa matematika adalah jembatan antara ilmu formal dengan ilmu formal lainnya, maupun antara ilmu formal dengan ilmu non formal, sehingga saat matematika di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, matematika bukan lagi sebuah angka atau bilangan, bukan lagi sebuah bangun datar atau bangun ruang, tetapi kita menyadari bahwa “Math as human activity”.