Penulis :
Farman
ISBN :
978-623-88484-7-8
Dimensi Buku :
15,5 x 23 cm
vi + 121 halaman
Diterbitkan oleh:
Penerbit Numerasia
Perum Taman Surya Kencana, Venus C 24, Grogol Tulangan Sidoarjo
e-mail: yayasannumerasia@gmail.com
https://www.numerasia.or.id/
No. Anggota IKAPI 351/JTI/2022
Penalaran merupakan salah satu aspek kognitif yang penting dalam pembelajaran matematika, terutama dalam pemecahan masalah matematika. Penalaran mendorong siswa berpikir logis dalam membuat kesimpulan berdasarkan fakta-fakta yang relevan dan sumber-sumber yang telah dianggap benar. Melalui penalaran, siswa merasa yakin bahwa matematika dapat dipahami, dipikirkan, dibuktikan dan dapat dievaluasi.
Pendekatan problem posing merupakan salah satu pembelajaran yang berpusat pada siswa dan membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan bernalarnya. Agar mendukung pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, problem posing perlu diseting dalam suatu pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif dapat lebih berbobot terutama untuk tingkat keterselesaian masalah matematika yang diajukan siswa. Oleh karena itu, perlu dikembangkan desain pembelajaran problem posing berseting kooperatif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Buku ini membahas tentang konsep penalaran matematis, konsep desain pembelajaran, model-model desain pembelajaran, konsep dan contoh problem posing, pengembangan desain problem posing dalam pembelajaran matematika, serta tantangan guru dalam penerapan problem posing di kelas. Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi dan memberikan kontribusi positif bagi praktisi dan peneliti yang menggunakan pendekatan problem posing dan turut berperan serta meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.